Macam Kabel dan Konektor Jaringan Komputer


Macam kabel dan konektor


Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) merupakan sepasang kabel yang di twist/dililit satu sama lain dengan tujuan untuk mengurangi interferensi listrik yang dapat terdiri dari dua, empat atau lebih pasangan kabel (umumnya yang dipakai dalam jaringan komputer
terdiri dari 4 pasang kabel/8 kabel). UTP dapat mempunyai transfer rate 10 Mbps sampai dengan 100 Mbps tetapi mempunyai jarak yang pendek yaitu maximum 100m.

      Kategori UTP
Terdapat 5 kategori (level) untuk kabel UTP. Kategori ini mendukung sinyal suara berkecepatan rendah (low-speed voice) dan sinyal LAN berkecepatan tinggi.Kategori 5 UTP direkomendasikan sebagai kategori minimum untuk instalasi LAN dan cocok untuk topologi star. Tabel berikut menunjukkan masing-masing kategori :
       Kelebihan UTP:
      Harga relatif paling murah di antara kabel jaringan lainnya
      Mudah dalam membangun instalasi
                                          
      Kelemahan UTP:
      Jarak jangkau hanya 100 m dan kecepatan transmisi relatif terbatas (1 Gbps)
      Mudah terpengaruh noise (gangguan).

      Konektor pada Twister pair
1.      RJ45
Konektor RJ45 adalah konektor yang biasa dipergunakan dalam instalasi jaringan kecil (LAN) dimana kabel yang digunakan adalah kabel twisted pair tipe UTP. Konektor ini berfungsi untuk menghubungkan kabel UTP dengan NIC yang mana kini port yang dipergunakan kebanyakan adalah port RJ45. Harga konektor yang cukup murah, dan pemasangan yang mudah membuat konektor ini populer di kalangan pengguna jaringan berskala kecil atau LAN.

Ciri-ciri yang mendasar dari konektor ini adalah warna konektor yang bening dan terdapat 8 pin tembaga di ujung konektor ini sebagai pin-pin yang akan menghubungkan NIC dengan UTP. Cara pemasangannya cukup mudah, yakni dengan mengkrimping dengan tang krimping konektor RJ45, namun apabila terjadi kesalahan dalam pengkrimpingan, mau tak mau konektor ini harus diganti (sekali pakai).
2.      RJ11
RJ 11 adalah konektor yang dipergunakan dalam jaringan telepon.Konektor ini biasanya disandingkan dengan kabel STP.

 Gampang bukan???

Terima kasih telah berkunjung ketempat kami dan membacanya. Admin merasa bangga, silahkan dishare, like dan ajukan pertanyaan dengan komentar. Silahkan juga sampaikan saran kepada kami untuk dipertimbangkan dengan segera.  Silahkan admin dengan setia menunggu dan setia berbagi.

Populer:

Tag : Home, JARINGAN
0 Komentar untuk "Macam Kabel dan Konektor Jaringan Komputer"
Back To Top