class
Dalam dunia nyata, kita sering berinteraksi
dengan banyak object. Kita tinggal di rumah, rumah adalah suatu object, dalam terminology
OOP rumah kita adalah instance dari suatu class rumah. Misal kita tinggal dalam
suatu komplek perumahan, sebelum membangun
rumah,
developer akan berpanduan pada rancang bangun rumah (blue print) yang telah
dibuat seorang arsitek. Blue print dari rumah adalah class, sedang rumah yang
kita tinggal (rumah-rumah dalam
komplek) disebut instance. Manusia adalah
sebuah class ; anda, saya, kita adalah instance dari class manusia.
Object
Object adalah instance dari class. Jika class
secara umum merepresentasikan (template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi
nyata dari class itu sendiri.
Bekerja
dengan Object
Ketika anda membuat program dengan Java, anda
akan mendefinisikan beberapa class, anda juga akan menggunakan class untuk
membuat suatu instance dan tentu saja akan bekerja dengan instance-instance tersebut.
Membuat
Object
Untuk membuat object, kita menggunakan
perintah new dengan sebuah nama class yang akan dibuat sebagai instance
dari class tersebut.
String str = new String();
Random r = new Random();
Pegawai p2 = new PEgawai();
Date hari = new Date();
hari adalah
object reference dari class Date yang akan digunakan untuk mengakses class
Date.
Sedangkan
operator new adalah operator yang akan menghasilkan hari sebagai
reference ke instance dari class Date().
Contoh :
Kita akan
menggunakan class Date untuk membuat suatu object Date.
import java.util.Date;
public class CreateDates {
public
static void main(String args[]){
Date
d1,d2,d3;
d1
= new Date();
System.out.println(“Hari
1 : “ + d1);
d2
= new Date(71,4,14,8,35);
System.out.println(“Hari
2 : “ + d2);
d3
= new Date(“September 3 1976 2:25 PM”);
System.out.println(“Hari
3 : “ + d3);
}
}
Ketika anda
memanggil operator new terjadi beberapa hal :
1. Instance baru yang telah diberikan oleh
class dicipakan
2. Memori dialokasikan untuk instance tersebut
3. Special Method didefinisikan pada class
(Konstruktor)
Konstruktor
: Suatu method tertentu untuk membuat dan menginsialisasi sebuah instance baru
dari class. Konstruktor menginisialiasasi object-object baru dan
variable-variabel.
Pemberian
nama method Konstruktor harus sama dengan nama classnya. (Penjelasan tentang
Konstruktor akan dibahas dalam pertemuan berikutnya)
Terima kasih telah berkunjung
ketempat kami dan membacanya. Admin merasa bangga, silahkan dishare, like dan
ajukan pertanyaan dengan komentar. Termasuk juga untuk meminta file dan program
jadi Membuat
Menu MouseClicked Edit yang lengkap.
Silahkan admin dengan setia menunggu dan setia berbagi.
Populer:
tipe data netbent
operator netbents Program Array satu dan dua dimensi
1 Komentar untuk "Membuat Object dan Class Java"
Terima Kasih Saudara Saifuddin atas partisipasinya ikut lomba buat puisi cinta di blog aura ide, Anda terdaftar sebagai Peserta 011