Perbedaan LAN, MAN dan WAN


LAN, MAN dan WAN merupakan tahapan atau ukuran besar kecilnya jaringan komunikasi internet. Dimana diantara ketiga tersebut ada yang lebih luas cakupannya dan terkecil

Lan (Local Area Network) merupakan yang memilki cakukan tercecil. Lan hanya mampu menghubungkan penguna jaringna yang hanya bersifat kecil atau satu rungan. Bahkan lebih kecil lagi hanya dapat diginakan sebagai client dan server. Lan biasnya hanya ada dalam cakupan sebuah rungan perkerjaan seperti dikantir atau tempat-tenpat lainya yang hanya memiliki jarak yang relative kecil
MAN (Metropolitan Area Network) merupakan jaringan komunikasi internet yang cakupannya lebih luas dari lan. Dimana kalau lan hanya mampu untuk menghubungkan hanya beberapa computer dalam satu ruangan atau lebih, wan memilki lebih lauas yaitu sampai beberapa gedung. Dimana tentunya antar gedung memiliki hungungan yang dpaat dideteksi antar jaringan yang bersifat khusus ini. Wan biasanya digunakan oleh perusahaan atau intansi dalam berkomunikasi jarak jauh dengan mengunakan internet. Hanya saja mengunakan jaringan internet tersendiri.
WAN (Word Area Network) merupakan jaringan yang menghubungkan pengguna dengan seluruh dunia. Dimana penguna atau penguakses dapat dilakukan oleh siapa saja. Seperti halnya dalam pengunaan Google misalnya yang memiliki pengguna seluruh dunia. Cakupan WAN tidak lagi memilki batasan selama pengguna dapa menemukan sinyal untuk dapat megunkan internet itu sendiri.

Terima kasih telah berkunjung ketempat kami dan membacanya. Admin merasa bangga, silahkan dishare, like dan ajukan pertanyaan dengan komentar. Termasuk juga untuk meminta file makalah yang berkaitan secara lebih lengkap. Silahkan admin dengan setia menunggu dan setia berbagi.

Populer:
Protocol dan Layer Komunikasi
Komunikasi Serial dan Paralel
Download IDM Platform tercepat
Tag : Home, JARINGAN
2 Komentar untuk "Perbedaan LAN, MAN dan WAN"

terima kasih muhammad zubir
pasti kami lanjutkan dan silahkan saja tinggalkan komnetar anda kembali

Back To Top