Tips Hadapi Ujian


Belajar Yang sungguh-sungguh
a)       Disini kamu wajib mempejari kembali materi-materi yang pernah dipelajari di sekolah baik materi kelas X, XI dan XII.
b)       Belajar setiap hari selama 30 menit lebih baik daripada belajar satu minggu satu kali selama 5 jam. Jadi usahakan untuk belajar secara rutin dari hari ke hari. Ini akan membuat ingatan kamu jauh lebih terasah daripada belajar dalam satu waktu.
c)       Sharing dengan teman-teman Anda atau guru di sekolah jika ada materi pelajaran yang Anda masih kurang mengerti. Ajari teman Anda yang membutuhkan juga ini akan menambah daya pemahaman Anda.
Persiapkan Semua Kebutuhan, Mental dan Fisik
  • Persiapkan segala jenis peralatan dan perlengkapan ujian seperti pensil 2B, penghapus, penggaris, dan papan pengalas. Itu semua harus di siapkan sehari sebelum ujian di mulai.
  • Biasanya di malam sebelum ujian banyak orang yang grogi bahkan tidak bisa tidur. Nah, untuk menghindari itu semua, ada baiknya kamu tidur lebih awal agar keesokan harinya ketika menghadapi lembar soal UN yang sebenarnya menjadi lebih segar dan focus.
  • Selain tidur lebih awal, kamu juga harus bangun lebih awal dari biasanya. Hal ini untuk mencegah kamu datang terlambat saat ujian, karena biasanya jalanan lebih macet di hari H ujian.
  • Jaga kesehatan dan mental kamu. Usahakan kamu makan dan tidur secara teratur satu bulan sebelum UN untuk menjaga stamina kami, dan jangan terlalu menganggap Ujian Nasional sesuatu yang sangat sulit. Karena jika semuanya disiapkan dengan maksimal, maka tidak akan ada kesulitan yang akan menghambat kamu, dan tanamkan mindset “Jika orang lain bisa, mengapa saya tidak?” agar kamu lenih termotivasi.
Itulah beberapa tips agar lulus UN 2012, namun terkadang ada diantara kita yang merasa malas belajar capek untuk memulai belajar, hindari hal itu, ubah niat Anda dan fokus ke UN yang sebentar lagi kita jelang. Dan yang terakhir adalah jangan lupa untuk berdo’a dan beribadah agar dapat hidayah dan pertolongan serta kemudahan dari Allah SWT.
Semoga bermanfaat.
Man Jadda Wajada (Barang 
Tag : Mahasiswa
0 Komentar untuk "Tips Hadapi Ujian"
Back To Top