Pengulangan While Pada Java



  1. Pengertian While
Pengunaan while merupakan salah satu cara untuk mengulang proses dalam pemograman. Didalam while perulangan akan terus berjalan selama kondisi boolean bernilai true atau benar. Dengan kata lain selama kondisi masih benar maka proses pengulanagan terus berjalan. Dan akan berkahir atau berhenti ketika kondisi sudah salah atau bernilai salah. Denagn kata lain, Pernyataan while loop adalah pernyataan atau blok pernyataan yang diulang-ulang sampai mencapai kondisi yang cocok.
Pernyataan perulangan dengan while, umumnya digunakan untuk perulangan yang belum dapat dipastikan jumlah perulangannya. Sehingga while sangat cocok digunakan untuk mengulang deretan angka atau huruf yang belum pasti akan mengahasilakan atau berhenti pada angka atau huruf yang keberapa.
Bentuk umum dari while adalah seperti berikut ini :
                   while (kondisi) {
                           // isi intruksi
                   }

  1. Contoh code While
public class While {
public static void main (String[]args)
        int jumlah = 1;
 while(jumlah <=
12) {
 System.out.println(jumlah);
  jumlah++; // menaikkan jumlah
                    }
Pada program diatas, output yang dihaslakan adalah angka dari satu (1) sampai sepuluh (12). Dan saat jumlah bernilai tigabelas (13), maka perulangan akan terhenti dikarenakan kondisi bernilai salah dikarenakan tigabelas lebih besar dari pada duabelas.
Tag : Makalah
0 Komentar untuk "Pengulangan While Pada Java"
Back To Top