Pengulangan For Pada Java

  1. STATEMENT PENGULANGAN
Mengulang suatu proses merupakan tindakan yang banyak dijumpai dalam pemograman. Pada semua bahasa pemograman, proses pengulagan ditangani dengan suatu proses yang sering disebut dengan loop. Dengan mengunakan loop, suatu proses yang berulang misalnya menampilkan tulisan yang sama seratus kali pada layar dapat diimplementasikan dengan kode program yang pendek.
Looping atau perulangan merupakan suatu blok kode program berdasar kondisi yang ditentukan sampai tercapai kondisi untuk menghentikannya (terminasi). Setiap perulangan memiliki empat bagian, yaitu inisialisasi, badan program, iterasi,dan terminasi. Inisialisasi adalah program yang menyiapkan keadaan awal perulangan.
Badan program adalah pernyataan yang ingin kita ulangi. Iterasi adalah program yang kita jalankan setelah badan program, tetapi sebelum bagian tersebut dijalankan lagi. Terminasi adalah pernyataan boolean yang diperiksa setiap kali selama perulangan untuk melihat apakah sudah waktunya menghentikan eksekusi.
Struktur kontrol pengulangan adalah berupa pernyataan dari Java yang mengijinkan kita untuk mengeksekusi blok code berulang-ulang sesuai dengan jumlah tertentu yang diinginkan. Pada Java dikenal tiga macam bentuk perulangan, yaitu : for, while, dan do-while,.
1.      Pengulangan For
  1. Pengertian for
Perulangan for merupakan perulangan yang memiliki variabel untuk melakukan pengkondisian, berbeda dengan while dan do-while terlebih dahulu harus membuat sebuah variabel diluar untuk melakukan pengkondisian, pada perulangan for, ditempatkan sebuah blok untuk membuat variabel dan melakukan proses pengkondisian.
Bentuk dari for loop,
for (InitializationExpression; LoopCondition; StepExpression){
statement1;
statement2;
. . .
}
Dimana, InitializationExpression – inisialisasi dari variabel loop. LoopCondition - membandingkan variabel loop pada nilai batas tertentu. StepExpression - melakukan update pada variabel loop.
Dalam for hitungan sebanyak perulangan dilakukan terlebih dahulu kemudian pernyataan berikutnya baru dijalankan. Dalam perulangna for ada beberapa elemen yang diperhatikan yaitu nilai awal, penguji, dan penambahan atau pengurangan.
Pengulangan dapat dilakukan dengan menggunakan pernyataan for. Loop dengan for melakukan inisialisasi sebelum loop pertama, kemudian melakukan tes kondisional dan pada akhir dari tiap iterasi melakukan penambahan atau pengurangan pada variabel yang digunakan sebagai basis pengkondisian untuk perulangan.
  1. Contoh code for
Contoh code berikut merupakan contoh program for untuk menampilkan tulisan “Hello Kawan!!” sebanyak 5 kali.
public class program for {
public static void main (String[] args) {
for(int i=1; i<5; i++)
System.out.println(“Hello Kawan!!”);
}
}
Contoh lain dari bentuk for adalah seperti yang berikut yang menghasilkan output berupa deretan angka yang dimulai dari terkecil hingga terbesar dalam bentuk terbatas.
public class For {
public static void main(String[] args) {
int c;
System.out.println("Sebelum for");
for (c=0; c<5; c++)
System.out.println("Nilai c: " + c);
System.out.println("Setelah for");
} }
Pada program diatas pengulangan terjadi pada diantara angka satu  (1) samapai angka lima (5). Fungsi dari sendiri pada contoh program diatas adalah untuk mengulangnya sampai batas c<5. Maka seperti yang terlihat pada outpunya yang keluar adalah dari angka nol (0) sampai dengan angka empat (4). Hal ini dikarenakan pengulangan sebanyak lima kali. Seandainya c++ tersebut tidak dipakai maka yang terjadi adalah yang keluar angka nol (0) seterusnya tanpa berhenti.
Tag : Makalah
0 Komentar untuk "Pengulangan For Pada Java"
Back To Top