Cara Memilih Perguruan Tinggi

Tahun ajaran baru segera akan segera dimulai, pastinya bagi seorang siswa yang sudah lulus SMA akan melanjutkan ke dalam perguruan tinggi. Memilih Perguruan Tinggi dan Jurusan yang ideal tidak semudah yang dibayangkan, hal ini terlihat sepele namun memerlukan pemikiran dan pertimbangan yang benar-benar matang.

Pilihan Perguruan Tinggi dan Jurusan nantinya akan menentukan masa depan kita dihari esok. Pilihan tersebut nantinya akan mempengaruhi dalam hal akademis, psikologi, maupun pergaulan di bangku perkuliahan. Berikut beberapa Tips Memilih Perguruan Tinggi:

1. Sesuaikan cita-cita dan minat
Cita-cita adalah apa yang akan kita tuju dihari esok, pilihan yang baik adalah yang menunjang cita-cita yang sesuai dengan minatnya. Karena masa kuliah itu memakan waktu yang lama, maka tanyakan terlebih dahulu pada diri kita sendiri apa yang jadi minat kita, jurusan apa yang kita sukai dan yang mampu kita kuasai.

2. Lihat prospek kedepannya
Lihatlah ke depan setelah anda lulus nanti. Apakah jurusan yang anda ambil nanti dapat mengantar anda untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang baik? Banyak jurusan-jurusan yang saat ini lulusannya menganggur tidak bekerja. Oleh sebab itu, kalian harus pelajari dan pahami dulu dengan seksama profil dari jurusan yang akan kalian pilih. Gali informasi mengenai apa yang dipelajari dalam jurusan tersebut, prospek kerjanya maupun hal – hal teknis yang berhubungan dengan jurusan tersebut. Jangan sampai hanya mengikuti jejak saudara atau orang terdekat.

3. Gali informasi sebanyak mungkin
Informasi mengenai jurusan dan perguruan tinggi yang dituju merupakan hal yang penting. Informasi yang harus digali adalah profil umum jurusan dan perguruan tinggi itu, biaya, tingkat keketatan masuknya dan kualitas lulusannya. Informasi dapat diperoleh dari browsing,guru,teman orang tua atau mahasiswa yang pernah kuliah di jurusan tersebut.

4. Sesuaiakan Kantong
Banyak mahasiswa yang berhenti di tegah jalan karena kendala biaya yang terbengkalai. Oleh karena itu pilihlah tempat kuliah yang sesuai dengan kantong anda. Jika dana yang kalian miliki belum mencukupi, maka jangan menyerah, masih banyak cara lain untuk menggapai cita – cita. Caranya, dapat mencari beasiswa, keringanan, pekerjaan paruh waktu/freelance atau sponsor untuk mencukupi kebutuhan dana. Jangan jadikan uang sebagai faktor yang sangat menghambat masa depan.

Semoga Tips Memilih Perguruan Tinggi ini dapat membantu anda memilih perguruan tinggi yang baik buat anda, kalau mau yang murah + nyaman bisa memilih UNY Yogyakarta.
Tag : Home, Universitas
0 Komentar untuk "Cara Memilih Perguruan Tinggi"
Back To Top