Internet Sehat Jiwa Selamat



Internet bukanlah hal yang baru di zaman sekarang ini. Setiap hari penduduk bumi ini mengunakan internet untuk mengakses berbagai informasi. Internet juga merupakan media yang sangat efektif dan cepat dalam membantu para pekerja dan pelajar untuk menjalin komunikasi dan menyelesaikan tugas serta pekerjaan mereka.

Indonesia merupakan negara pengguna internet terbanyak kelima se-Asia. Sekitar 25 juta penduduk atau sekitar 12,5 % dari populasi Indonesia adalah pengguna internet. Posisi pertama diraih China yang memiliki 338 juta pengguna internet. Semua ini menunjukkan bahwa hampir semua orang tahu dan bisa menggunakan Internet, mulai dari anak anak sekolah dasar sampai orang tua sehingga perlunya diterapkan internet sehat agar pengaksesan internet bisa lebih sehat dan berdampak positif.

Internet lahir pada tahun 1969 ketika Departemen Pertahanan (DOD) AS membiayai suatu proyek penelitian jaringan komputer yang dilakukan oleh Advanced Research Projects Agency. Internet telah memberikan pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan masyarakat dizaman modern seperti sekarang ini. Hanya saja kemajuan teknologi ini tidak selamanya bermanfaat untuk kebaikan. Kemajuan teknologi tak ubahnya seperti pisau. Apabila digunakan dengan benar sebagai peralatan dapur, pisau memberikan segudang manfaat. Namun bila disalahgunakan pisau justru menjadi ancaman dan berbahaya. Hal yang sama juga berlaku pada internet.

Sebagai media komunikasi, internet banyak digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna lainnya di seluruh dunia. Internet dapat dijadikan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan hal-hal lainnya yang mungkin relatif lebih susah didapatkan mengunakan media lain. Kemudahan media internet juga dapat dirasakan dalam bertransaksi dan berbisnis. Dengan kemudahan internet, calon penjual atau pembeli tidak perlu lagi pergi menuju tempat penawaran atau penjualan.



Internet juga bermanfaat bagi perkembangan dan pendidikan ank-anak. Ketua KOMNAS perlindungan anak, Seto Mulyadi, yang akrab disapa Kak Seto menyatakan bahwa orang tua dapat memanfaatkan internet sebagai media pembelajaran anak. Bila digunakan secara benar, internet dapat digunakan sebagai sumber perpustakaan ilmu dari seluruh dunia untuk anak-anak.

Manfaat lain dari internet adalah memberikan pengaruh positif bagi perkembangan remaja. Hal ini berdasarkan survey di Amerika Serikat yang menyatakan bahwa ativitas didunia maya seperti bermain game online, dan bermain situs jejaring sosial justru baik bagi perkembangan remaja. Digital Youth Project yang disponsori MacArthur Foundation berhasil membuktikan bahwa internet baik bagi perkembangan remaja. Proyek yang dilakukan selama tiga tahun itu melibatkan 800 remaja dan orang tua untuk mengetahui peningkatan kemampuan teknologi remaja. Hal ini juga mematahkan anggapan para orang tua yang menyatakan bermain internet hanya membuang waktu saja.

Internet memang memberikan segudang manfaat, namun dibalik semua itu internet juga mengandung bahya yang amat besar. Pornografi, kekerasan, penipuan dan berbagai bentuk penyimpangan lainnya merupakan ancaman yang sangat berarti. Dengan adanya kemudahan dalam penyampaian informasi, hal-hal negatif tersebut sangat merajalela dalam dunia internet.



Untuk mengantisipasi hal ini, salah satu penyedia jasa yaitu produsen Browser รข™ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat diakses. Sehingga dapat menjadi sebagai saringan mana yang dapat diakses dan tidak.

Penipuan merupakan permasalahan yang lazim terjadi dalam dunia internet. Penipuan yang dilakukan umumnya bersifat langsung seperti berbelanja kartu kredit secara online. Dengan sifat terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi menggunakan Kartu Kredit online dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan yang diinginkan.

Media internet selain berpengaruh terhadap perilaku atau mental si pengguna juga berpengaruh pada kesehatan. Umumnya hal tersebut terjadi karena pengunaan secara berlebihan. Sesuatu yang berguna, akan membawa kerugian apabila tidak digunakan secara benar dan sesuai dengan kondisi yang dimiliki. Sama seperti internet, ia akan menimbulkan penyakit berbagai penyakit bila digunakan secara berlebihan.
Untuk menghindari dampak negatif penggunaan internet terutama pada remaja, para orang tua harus mengawasi putra-putri mereka. Para orang tua juga perlu menjelaskan manfaat dan bahaya penggunaan internet kepada buah hati mereka. Agar hal ini dapat terlaksana dengan baik, tentu saja para orang tua juga harus perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang internet. Disamping itu diperlukan software pelindung untuk mengantisipasi hal-hal yang menjurus kepada yang nergatif.

Akhirnya hanya dengan menggunakan akal sehat kita dapat mengunakan internet yang begitu bebas secara sehat. Sebagai pemimpin dalam sebuah sebuah keluarga, para orang tua harus meningkatkan pengawasan terhadap anaknya terutama remaja sebagai pengguna internet terbanyak. Akhirnya mari kita gunakan internet secara sehat demi keamanan jiwa diri sendiri dan orang sekitar.

Populer:
Lima Kata Terlarang
Pengumuman SMNPTN
Perempuan Perkasa
Tag : ARTIKEL, Home
0 Komentar untuk "Internet Sehat Jiwa Selamat"
Back To Top