Lima Kata Terlarang

Pada hari minggu tanggal 15 april saya menonton acara kaki langit di TVRI. Saya tertarik tentang apa yang dibahas, dengan tema “Dibalik Seribu Wajah”. Menurut Rini Djrahrawardradja , memulihkan pengakit Lupus adalah dengan pikiran bawah sadar atau selain juga dengan pemberiaan semangat dari keluarga dan lingkungan.


Lupus merupakan nama penyakit yang miliki ciri seperti kulit yang bersisik dan mengelupas. Penyakit ini menurut Rini bisa menyerang karena dipengaruhi oleh kegiatan fikiran yang terlalu tinggi atau padat. Cara penyembuhan penyakit lupus adalah seperti yang dilakukan oleh yayasan lupus Indonesia yaitu dengan cara pendekatan persuasif juga dengan fikiran bawah sadar.
Hal lain yang paling menarik ketika saya menonton acara kaki langit yang dipandu oleh Sandrina Malakiano itu adalah adanya larangan atau pengurangan pengucapan kata-kata sehari-hari. Menurut rini kata yang harus dihindari tersebut adalah jangan,jangan-jangan, harus, akan, dan semoga.

Kata “jangan” menurutnya kalau dikatakan malah akan terjadi sebaliknya terhadap apa yang dikatakan. Seperti kata j”angan deh kamu sakit”. Maka ia pasti akan sakit. Kata “jangan-jangan” kana menghasilkan apa yang dipikirkan. Seperti “jangan-jangan saya jatuh”. Maka yang terjadi adalah ia jatuh. Kata “harus” menyebabkan seperti yang diinginkan. Seperti kata “pagi ini saya harus bangun jam lima”. Sementara yang terjadi adalah dia tidak bagun jam lima, kerana tidak ada seorangpun yang mengaruskan ia untuk bangun jam lima. Maka yang harus dikatakan dalam diri adalah saya yakin bisa bangun jam lima. Kata terakhir atua kata kelima adalah “semoga”. Kata “semoga” menghasilkan bahwa ia tidak memmili keyakinan penuh terhadap yang dikatakannya atau yang dilakukannya. Seperti kata semoga saya menang dalam lomba ini. Hal yang harus  diubah dalam kata tersebut adalah “saya yakin saya menang”. Maka yang terjadi adalah keyakinan penuh terhadapa apa yang diharapkan. Maka peluang untuk menang lebih besar kerena Allah mengatakan aku melakukan apa yang dipikirakan hambaku.
Kata-kata yang lima diatas menjadi lebih bermakna apabila digantu dengan kata yakin. Atau kata-kata yang positif lainnya.
0 Komentar untuk "Lima Kata Terlarang"
Back To Top