Pelantikan Gubernur Aceh Zaini Muzakir

Gubernur dan wakil gubernur terpilih Aceh, pasangan Zaini Abdullah dan Muzakkir Manaf,  dijadwalkan akan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di Gedung DPR Aceh (DPRA) di Banda Aceh, siang ini pukul 14.00 WIB.

Sebelumnya, pada Senin pagi, pasangan ini juga akan menjalani upacara adat peusijuk (diberi tepung tawar)  di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

 Ratusan warga dari berbagai kabupaten/kota di Aceh terlihat memenuhi halaman Masjid Raya untuk menyaksikan acara ini. Mereka sengaja datang untuk menyaksikan prosesi pelantikan. "Untuk para warga yang hadir dan tidak memiliki undangan kami mintakan untuk bisa berada di Masjid Raya saja, sehingga tidak membuat macet jalanan, dan mereka juga bisa menyaksikan melalui layar kaca karena acara ini disiarkan langsung oleh stasiun televisi lokal," ujar Moffan, Kapolresta Banda Aceh, yang bertanggung jawab atas keamanan acara pelantikan.

Sejumlah tenda besar pun sudah disiapkan disekeliling halaman luar gedung DPR Aceh, dan ini juga diperuntukkan bagi masyarakat yang akan menghadiri acara pelantikan tersebut.

Di tenda putih inipun dilengkapi dengan empat televisi layar lebar. Di sinilah undangan dan masyarakat yang memperoleh undangan tipe C duduk. Sementara undangan tipe A dan B diperkenankan memasuki ruang sidang utama DPRA. Sedikitnya 25 diplomat negara sahabat akan hadir pada pelantikan kepala pemerintahan hasil pemilihan 9 April lalu.

Sementara itu, Polri sudah mengerahkan hampir 1.000 personel untuk mengamankan jalannya prosesi pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf. Personel kemanan ini ditempatkan di lokasi pelantikan, Bandara Sultan Iskandar muda, Masjid Raya Baiturrahman dan sejumlah lokasi lain.

Diketahui, aparat kepolisian hari ini tengah menyelidiki kasus penggranatan terhadap rumah Zakaria Saman, mantan petinggi GAM, di komplek perumahan Villa Citra Lestari Kampung Pineueng, Kota Banda Aceh, tadi pagi. "Kita sedang menyelidi kasus itu, termasuk motif dan pelaku dari pelaku teror yang terjadi pukul 04.30 WIB," kata Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Gustav Leo di Banda Aceh, hari ini.

Sementara pada pukul 14.00 WIB, Mendagri Gamawan Fauzi akan melantik gubernur dan wakil gubernur Aceh terpilih pasangan Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf di gedung DPRA di Kota Banda Aceh.

Informasi sementara menyebutkan bahwa pelakunya diperkirakan bersepeda motor, dan lemparan granat tersebut mengenai lokasi parkir rumah Zakaria Saman yang kini tercatat sebagai penasehat Partai Aceh, partai politik lokal sebagian besar pengurusnya adalah mantan anggota GAM.
Tag : Aceh
0 Komentar untuk "Pelantikan Gubernur Aceh Zaini Muzakir"
Back To Top