Lomba Menulis Tentang Anak Pertama


Tak terasa, setahun sudah saya menulis di blog ini. Berawal dari keinginan yang kuat untuk berbagi buah pikiran pada orang lain, maka terciptalah blog ini. Banyak pengalaman yang saya dapatkan sejak menjadi seorang blogger. Pengalaman paling berharga tentunya belajar dari tulisan sahabat-sahabatblogger lainnya. Melalui blog ini pulalah saya berkenalan dengan teman-temanblogger dari berbagai daerah. Nah, karenanya dalam rangka syukuran satu tahun blog catatannyasulung beserta syukuran bertambahnya umur, saya berniat mengadakan hajatan kecil-kecilan. Hajatan ini saya beri namaHajatan Anak Pertama. Dengan beberapa ketentuan tentunya. Yuk, disimak!
Kategori
Hajatan ini dibagi menjadi tiga kategori:
1. Kategori Nonfiksi
Tulisan mengenai Anak Pertama. Tulisan berisi pengalaman menjadi anak pertama, pengalaman mempunyai anak pertama, bertemu dengan kenalan baru yang ternyata anak pertama, pacaran dengan pacar yang ternyata anak pertama (maksa banget), pengalaman punya pembantu yang anak pertama (lebih maksa lagi), pokoknya ada hubungannya dengan anak pertama! Namun tentunya tulisan tersebut bukan berupa khayalan belaka.
2. Kategori Fiksi
Tulisan berupa cerpen yang ber-setting di suatu tempat, boleh di luar negeri atau di dalam negeri. Temanya bebas, mau tentang cinta, persahabatan, apa pun boleh. Yang harus diingat, cerpen yang baik mempunyai setting yang kuat. Dan setting yang kuat hanya dapat tercipta apabila sang penulis melakukan riset sebelumnya. Jika belum dapat gambaran bagaimana bentuk cerpen dengan latar yang kuat, sahabat bisa membaca di tulisan yang ini atau yang ini.
3. Kategori Arisan
Untuk kategori ini, semua peserta boleh ikut. Baik punya blog atau tidak. Sahabat cukup hanya menuliskan ucapan selamat maupun pesan bagi saya yang berulang tahun. Ucapan yang saya harapkan tentu saja ucapan yang membangun, baik bagi diri saya sendiri maupun tentang blog ini.
Syarat dan Ketentuan
1. Undangan Hajatan Anak Pertama merupakan blogger yang memiliki alamat di Indonesia dan mempunyai blog pribadi dengan platform apapun (blogspot, wordpress, blogdetik, dll).
2. Tulisan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, sangat tidak dianjurkan menggunakan bahasa 4L4Y. Boleh terdapat kata-kata dari bahasa daerah/asing, asal dimiringkan (untuk kategori nonfiksi, gaya tulisan bebas. Tapi tetap tidak menggunakan bahasa 4L4Y).
3. Tulisan merupakan karya pribadi yang belum pernah dipublikasikan di media cetak/elektronik serta diikutsertakan dalam kontes dengan tema yang sama.
4. Tulisan tidak mengandung unsur pornografi, SARA, maupun provokatif.
5. Panjang tulisan dibebaskan. Tulisan dipublikasikan di blog masing-masing, sedangkan untuk kategori arisan cukup dibuat di kolom komentar. Untukkategori nonfiksi, apabila ada kata anak pertama, harap di-link ke http://catatannyasulung.wordpress.com/
6. Undangan diperbolehkan mengikuti tiap kategori dengan syarat satu tulisan untuk tiap kategori (kecuali kategori arisan, boleh sebanyak-banyaknya).
7. Karena hajatan ini merupakan hajatan pribadi, maka penilaian dilakukan oleh saya sendiri.
8. Mendaftarkan nama undangan pada kolom komentar dengan urutan:
Nama:
Judul:
URL:
Kategori:
9. Memasang banner berikut di blog sahabat (maaf, masih nyoba-nyoba pake yang gampang aja). :D
10. Pendaftaran dimulai dari tanggal 20 Juni 2012 hingga 20 Juli 2012 pukul 23. 59 WIB.
11. Pengumuman pemenang (insyaallah) tanggal 28 Juli 2012.
Bingkisan
1. Untuk kategori fiksi, cerpen terpilih yang memiliki latar kuat serta kepaduan antar unsur-unsur intrinsik lainnya akan mendapat bingkisan berupa novel Tiga Cinta, Ibu karya Gus TF Sakai dan buku kumcer Juru Masak karya Damhuri Muhammad.
Hajatan Anak Pertama-Catatannyasulung
Hajatan Anak Pertama-Catatannyasulung
Sebagai catatan, Gus TF Sakai dan Damhuri Muhammad merupakan penulis-penulis asal Sumatra Barat yang karya-karya bertebaran di media cetak, seperti Kompas, Tempo, Media Indonesia, dll. Cerpen-cerpen mereka berdua pernah dimuat dalam Cerpen Kompas Pilihan, sedangkan buku kumcer Gus TF SakaiKemilau Cahaya dan Perempuan Buta mendapat hadiah Sastra Lontar 2001 dari Yayasan Lontar untuk pencapaian artistik dari segi tema dan stilistika.
2. Untuk kategori nonfiksi, bagi tulisan yang paling menarik disediakan bingkisan berupa novel Misteri Pedang Skinheald karya Ataka dan delapan helai kartu pos unik bergambar karakter novel Misteri Pedang Skinheald.
Hajatan Anak Pertama-Catatannyasulung
Hajatan Anak Pertama-Catatannyasulung
Sebagai catatan, Ataka merupakan penulis cilik yang pernah diundang Andy F Noya di acara Kick Andy dalam episode “Cara Gila Menulis Buku.”
3. Untuk kategori arisan, setiap komentar dari semua undangan akan diundi untuk mendapatkan kiriman pulsa senilai Rp. 20. 000,-
Apabila ada pertanyaan, silakan ditanyakan kepada empunya hajatan. Berhubung hajatan ini merupakan hajatan pertama saya, diharapkan kritik dan sarannya. Terima kasih. Selamat berkarya.
Update:
Berhubung banyak yang bilang banner-nya susah diambil atau ga muncul, maka saya putuskan untuk syarat nomor 9 dihapus aja. Pake banner, syukur. Ga pake juga ga pa2. Pokoknya yang penting semua seneng aja, deh. :)
0 Komentar untuk "Lomba Menulis Tentang Anak Pertama"
Back To Top