UKM Indonesia Dilirik Amerika


foto



Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Ted Osius, menjelaskan akan ada 17 perusahaan kecil dan menengah Amerika (small and medium enterprises) yang akan mengajukan rencana kerja sama dengan UKM yang ada di Indonesia.

"Mengapa Indonesia? Karena hampir semua sumber daya alam ada di sini. Selain itu, sumber daya manusianya juga berusia muda dan dinamis. Kami berpikir, inilah tempat di mana kami ingin berdiri," ujar Osius ketika meresmikan US Commercial Service Trade Winds Asia, di Jakarta, Senin, 21 Mei 2012.

Ketujuh belas UKM atau SME tersebut bergerak di banyak bidang. SME di Amerika ini, antara lain Ackley Machine Corporation untuk mesin farmasi, CLT3 Consulting LLC untuk peralatan keamanan, Ductmate Industries untuk sistem dan komponen HVAC, Ellicott Dredges LLC untuk peralatan pelabuhan, First Priority Emergency Vehicles untuk peralatan keamanan, Flow Sciences untuk servis kesehatan, dan House of Cheatham Inc untuk kosmetik.

Osius menjelaskan jumlah ekspor mereka ke Indonesia pada 2011 mencapai US$ 200 miliar. Dengan kerja sama tersebut, mereka ingin meningkatkan sebanyak 3 persen di Indonesia.

"Kami memiliki infrastruktur, teknologi, dan mesin-mesin yang sangat baik. Sedangkan Indonesia membutuhkan itu," ujar dia. Indonesia adalah negara ketiga yang mereka kunjungi. Total, mereka akan mengunjungi lima negara di Asia, yaitu Singapura, Vietnam, Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Selain memasarkan produk mereka, UKM dari Amerika juga akan berinvestasi di sini, seperti mendirikan pabrik. Namun berapa jumlahnya, belum diketahui. "Tergantung dengan perusahaan lokal. Kami membutuhkan informasi berapa dana dan apa fasilitas yang dibutuhkan," katanya.

Rencananya, besok, ke-17 UKM tersebut akan melakukan 70 pertemuanbusiness to business dengan Kadin guna membicarakan hal tersebut.

sumber: Tempo.co
Tag : Aceh, Mahasiswa
0 Komentar untuk "UKM Indonesia Dilirik Amerika"
Back To Top