Bisnis Pulsa elektronik


Pengaruh pesatnya perkembangan telekomunikasi. Tak ayal banyak yang memilih bisnis pulsa sebagai usaha sampingan. Bisnis pulsa elektrik memang tergolong praktis, bermodal HP dan deposit saja kita bisa menjalankan bisnis di tanpa terikat tempat dan waktu. Meski demikian sebelum memulai bisnis pulsa, alangkah baiknya kita merencanakan dengan baik di mana kita membeli pulsa, jumlahnya berapa, serta siapa saja kira-kira yang akan membeli pulsa kita.

Menentukan tempat membeli deposit penting dalam bisnis pulsa karena jika kita membelu pada penjual yang memberi harga dasar pulsanya sudah mahal, bisa jadi keuntungan penjualan kita sedikit. Misal penjual B membeli pulsa pada penjual A. Dan kita membeli pulsa pada penjual B, maka keuntungan bisnis pulsa kita semakin sedikit. Bisa jadi untungnya hanya dua atau tiga ratus rupiah tiap transaksi.

Memang ketika kita membeli ke penjual A labanya lebih besar, hanya saja biasanya kita diharuskan membeli dalam jumlah besar pula. Tinggal bagaimana caranya kita mau menjalankan bisnis pulsa tersebut. Pada tahap awal, jika ingin mencoba tidak ada salahnya membeli di penjual B. Mungkin saja pelanggan kita banyak sehingga kita berani membeli deposit dalam jumlah banyak di penjual A.

Toh saat ini dari anak-anak hingga orang tua sebagain besar memakai ponsel, bahkan pada 2010 saja pengguna ponsel sudah mencapai 180 juta. Jadi tak ada salahnya mencoba keberuntungan di bisnis pulsa. Terlebih kini makin banyak jenis pulsa elektrik. Jika dulu hanya berkutat pada pulsa sms dan pulsa telpon, sekarang sudah ada pulsa internet yang tentunya menambah ramai pasar bisnis pulsa.
Usaha ini memang cukup mudah dan praktis tapi jangan salah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni:
1. Disiplin melakukan pembukuan, paling tidak mencatat siapa pembeli pulsanya, nomor HP, dan nominal pusa dan tentunya tanggal transaksi. Karena bisnis ini menjadikan pelanggan belum tentu bisa langsung membayar pulsa yang dibeli alias ngutang dulu. Sehingga jila tidak dilakukan pencatatan, ada kemungkinan pelanggan kita lupa dan saat ditagih membandel yang membuat kita rugi, atau bisa juga kita menagih pelanggan yang sebenarnya sudah membayar pembelian pulsanya. Ahirnya pelangganpun bisa jengah, berujung pada kehilangan pelanggan yang juga merugikan kita bukan?
2. Godaan untuk memakai pulsa jadi semakin tinggi. Nah, ini yang bisa jadi bencana. Alih-alih bisnis pulsa untuk mendapatkan penghasilan tambahan, malah bisa jadi bencana kalau pulsa yang harusnya untuk dijual malah kita habiskan sendiri. Jangankan untung, bisa-bisa modal tidak kembali dan kita tidak bisa deposit lagi.
3. Satu lagi yang perlu diwaspadai adalah penawaran bisnis pulsa dari nomor yang tidak dikenal atau dari internet yang belum teruji kebenarannya. Sudah banyak kasus kerugian yang ditimbulkan karena mentransfer sejumlah uang untuk deposit tapi pada kenyataannya uang hilang dan pulsa deposit pun tak kunjung datang.
Bagaimanapun juga, banyak pilihan dan cara untuk kita dapat berhasil menjadikan bisnis pulsa sebagai sampingan jika kita mau ambil resiko, telaten, disiplin,dan teliti sebelum membeli.
Tag : Aceh, blogger, Home
0 Komentar untuk "Bisnis Pulsa elektronik"
Back To Top