Raih Juara di Ajang Internasional, Dapat Beasiswa Unggulan


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan beasiswa unggulan kepada Muhammad Luthfi Nurfakhri. Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bogor ini, berhasil menjadi “Grand Winner ke III” dalam Intel International Science and Engineering Fair (ISEF) 2012, di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat. Predikat juara tersebut diraih Luthfi setelah bersaing dengan 1.500 peserta lainnya dari berbagai negara pada 13-18 Mei 2012 lalu.

Direktur Jenderal Pendidikan Menengah, Hamid Muhammad, secara simbolis menyerahkan beasiswa unggulan kepada Luthfi di Gedung D Kemdikbud, Rabu (27/06). Dalam kesempatan tersebut Hamid mengatakan, beasiswa unggulan yang diberikan ini sebagai penghargaan atas prestasi yang telah dicapai. Luthfi menjuarai kompetisi ini dengan membawa karyanya yang berjudul “Digital Leaf Color Chart”.

Ke depan, kata Hamid, penelitian yang telah dilakukan oleh Luthfi akan didorong untuk dipatenkan. “Kalau tidak dipatenkan, akan dikembangkan oleh orang lain,” tuturnya.

Indonesia telah berpartisipasi dalam ISEF sejak tahun 2009. Dalam waktu yang relatif masih baru, Indonesia telah menggapai prestasi gemilang karena berhasil menyabet gelar grand winner diawal keikutsertaannya.

Luthfi berangkat ke Pittsburgh untuk mengikuti kompetisi ini bersama dua tim lainnya. Tim pertama terdiri dari Efa Fazriyah Haryono dan Marwah Zairah, siswi kelas XI SMA N 1 Malingping, membawa karya yang berjudul “Termite Resistant Rice Straw Paper with Soursop Leaves Extract”.  Dan tim kedua terdiri dari Aulia Azka Januartrika, Anas Mufid Nurrochman, Amelia Nugrahaningru, yang membawa karya dengan judul “Volcanic Mudflow Breaker Dam. Ketiganya berasal dari SMA N 1 Yogyakarta.

0 Komentar untuk "Raih Juara di Ajang Internasional, Dapat Beasiswa Unggulan"
Back To Top