Sosial Masyarakat SI dan TI


BAB I
LANDASAN TEORI

A . Pengertian
a.      PengertianSistemInformasi
Suatuinformasisangatberperanpentingdalamkehidupankita sehari2, bahkanmenjadisuatukebutuhan yang tidakbisadihilangkanadanya.Olehkarenaitubanyak orang2 pintar yang cobamencarisuatu data, mengumpulkan, memproses, danmenyajikaninformasi yang mungkinakanbanyak orang yang membutuhkannya. Contoh :siaranberita, acara2 TV, dll. Dan proses penyajiannyapunsemakinmajuseiringperkembanganjaman, dansudahhampIrsemua proses penyajiannyatelahterkomputerisasi. Dan proses tersebutsebagaisuatuSistemInformasi.
Banyak orang mendefinisikansuatu SI dengandefinisi yang berbedasecarapandangandanimplementasinyamasing-masing.AdapunbeberapapengertianSistemInformasitersebutadalahsebagaiberikut :

Definisi 1 (satu) :SistemInformasiadalahsekumpulan hardware, software, brainware, prosedurdanatauaturan yang diorganisasikansecara integral untukmengolah data menjadiinformasi yang bermanfaatgunamemecahkanmasalahdanpengambilankeputusan.
Definisi 2 (dua) :SistemInformasiadalahsatuKesatuan data olahan yang terintegrasidansalingmelengkapi yang menghasilkan output baikdalambentukgambar, suaramaupuntulisan.
Definisi 3 (tiga) :SistemInformasiadalah Proses yang menjalankanfungsimengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, danmenyebarkaninformasiuntukkepentingantertentu.
Definisi 4 (empat):SistemInformasiadalahkumpulanantara sub-sub sistem yang salaingberhubungan yang membentuksuatukomponen yang didalamnyamencakup input-proses-output yang berhubungandenganpengolaaninformasi (data yang telahdiolehsehinggalebihbergunabagi user)
Dari definisi-definisi di atassayabisamenarikkesimpulanbahwa SI adalahsuatukumpulankomponen yang salingterkaitdanterintegrasidalam proses pengolahansuatu data baikmulaidari input-proses-output/informasimelalui proses komputerisasi. ContohSI :Nilai Online di Gunadarma

b.      Pengertian Teknologi Informasi
Teknologi informasi adalah teknologi yang digunakan untuk mengolahdata (memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data)untuk menghasilkan informasi yang berkualitas.Pada zaman modern yang semakin maju ini komputer telah mengalamievolusi sehingga sudah mencapai generasi kelima yang telah melahirkan generasibaru yaitu terjadinya penggabungan antara Teknologi Komputer dan Komunikasisehingga sering di sebut sebagai Teknologi Informasi dan Komunikasi yangdibuat untuk membantu menyelesaikan berbagai masalah dengan mudah dancepat. Adapun perkembangan computer dari waktu kewaktu.
Secara mudahnya teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap prosesimasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan:
·         Lebih cepat
·         Lebih luas sebarannya, dan
·         Lebih lama penyimpanannya.
Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi. Bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain. Tetapi bahasa yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja, yaitu hanya pada saat si pengirim menyampaikan informasi melalui ucapannya itu saja. Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas. Untuk jarak tertentu, meskipun masih terdengar, informasi yang disampaikan lewat bahasa suara akan terdegradasi bahkan hilang sama sekali.
Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan jaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikanpembuatnya. Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu. Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, tv, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.
Teknologi informasi adalah teknologi yang digunakan untuk mengolahdata (memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data)untuk menghasilkan informasi yang berkualitas.Pada zaman modern yang semakin maju ini komputer telah mengalamievolusi sehingga sudah mencapai generasi kelima yang telah melahirkan generasibaru yaitu terjadinya penggabungan antara Teknologi Komputer dan Komunikasisehingga sering di sebut sebagai Teknologi Informasi dan Komunikasi yangdibuat untuk membantu menyelesaikan berbagai masalah dengan mudah dancepat. Adapun perkembangan computer dari waktu kewaktu

c.       PengertianSosial Masyarakat
Globalisasi adalah satu kata yang mungkin paling banyak dibicarakan orang selama lima tahun terakhir ini dengan pemahaman makna yang beragam. Namun, apa yang dipahami dengan istilah globalisasi akhirnya membawa kesadaran bagi manusia, bahwa semua penghuni planet ini saling terkait dan tidak bisa dipisahkan begitu saja satu sama lain walau ada rentang jarak yang secara fisik membentang. Dunia dipandang sebagai satu kesatuan dimana semua manusia di muka bumi ini terhubung satu sama lain dalam jaring-jaring kepentingan yang amat luas.Pembicaraan mengenai globalisasi adalah pembicaraan mengenai topik yang amat luas yang melingkupi aspek mendasar kehidupan manusia dari budaya, politik, ekonomi dan sosial. Globalisasi di bidang ekonomi barangkali kini menjadi kerangka acuan dan sekaligus contoh yang saat ini paling jelas menggambarkan bagaimana sebuah kebijakan global bisa berdampak pada banyak orang di tingkat lokal, sementara wacana globalisasi dalam hal yang lain mungkin tidak begitu mudah diamati secara jelas.
Contoh yang bisa diangkat mungkin adalah perdagangan internasional, kebijakan dana moneter internasional hingga ijin operasi perusahaan multi nasional yang menunjukkan bahwa mata-rantai-dampaknya pada akhirnya akan berakhir pada pelaku ekonomi lokal, baik positif maupun negatif. Desain globalisasi ekonomi sendiri misalnya, memang pada awalnya dinilai beritikad positif, yaitu menaikkan kinerja finansial negara-negara yang dianggap masih terbelakang secara ekonomi dengan melakukan kerjasama perdagangan dan kebijakan industri. Namun, dampak negatifnya ternyata tidak bisa dielakkan ketika penyesuaian kebijakan global itu tidak bisa dilakukan di tingkat lokal. Situasi menang-menang yang ingin dicapai berubah menjadi situasi kalah-menang yang tak terhindarkan bagi pelaku ekonomi lokal. Kasus fenomenal seperti yang tak kunjung usai, penjualan perkebunan kelapa sawit oleh pemerintah baru-baru ini, atau kasus lain yang nyaris tidak terliput secara luas seperti hilangnya jutaan plasma nuftah di hutan dan Papua Barat, menunjukkan hal itu dengan jelas. Tentu masih ada banyak yang lain.
Maka, tidak heran apabila kemudian sebagian merasa bahwa isu globalisasi berhembus ke arah negatif, yaitu bahwa globalisasi hanya menguntungkan mereka yang sudah lebih dahulu kuat secara ekonomi dan punya infrastruktur untuk melanggengkan dominasi ekonominya, sementara negara yang terbelakang hanya merasakan dampak positif globalisasi yang artifisial, namun sebenarnya tetap ditinggalkan. Sebagian yang lainnya tetap optimis dengan cita-cita hakiki globalisasi dan yakin bahwa tata manusia yang setara di muka bumi ini akan terwujud suatu saat nanti dengan upaya-upaya membangun kebersatuan sebagai sesama penghuni bola-dunia.
Nampaknya, apapun esensi perdebatannya, yang ada di depan mata adalah berjalannya proses globalisasi di hampir segala bidang tanpa bisa dihentikan.

d. Macam-macam Teknologi Informasi Era Modern
1.      Mesin Cetak
Mesin Cetak pertama dibuat  oleh Johann Guttenberg.
2.      Analytical Machine
Diciptakan oleh Charles Babbage . Mesin ini memiliki kemampuan untuk memasukkan data, mengolah data, serta mengeluarkan bentuk outputnya dibuat kartu.
3.      Telegraf dan Kode Morse
Diciptakan pada 1873 oleh Samuel Morse bersama kedua kawannya.
4.      Film
Diciptakan pada tahun 1861 sebagai alat komunikasi untuk mengungkapkan gagasan yang ada atau menyampaikan pesan kepada orang banyak.
5.      Pesawat Telepon dan Fotografi
Diciptakan pada 1877 oleh Alexander Graham Bell yang dikembangkan untuk dipergunakan secara umum.
6.      Pita penyimpan magnetis
            Ditemukan pada 1899.
7.      TV Tabung
            Diciptakan oleh Zvorkyn pada 1923.
8.      Media penyimpan magnetic tape
            Diciptakan pada 1940.
9.      Hypertext
            Hypertext adalah system pengkodean yang dikembangkan oleh Vannevar   Bush.
10.  Komputer Digital
Diciptakan pada 1948 dengan nama ENIAC I yang terinspirasi oleh            ditemukannya analytical machine.
11.  Transistor
            Dikembangkan pada 1948 untuk mengganti tabung vakum agar bentuknya             menjadi lebih   kecil, lebih hemat energi, dan tidak menimbulkan panas berlebih.
12.  Transistor Planar
            Pada 1957, dikembangkan komponen elektronik transistor planar oleh Jean             Hoerni.
13.  Jaringan computer Desentralisasi
            Pengembangan system jaringan desentralisasi oleh RAND yang bertujuan   mengendalikan system pengeboman dan peluncuran kendali dalam perang   nuklir.
14.  Jaringan computer pertama
            Pada 1969, ditemukan system jaringan computer pertama di Amerika Serikat          yang dibentuk dengan menghubungkan empat titik, yaitu Universitas of      California, SRI (Stanford), University of Utah, dan University California of    Santa Barbara, dengan kekuatan sebesar 50 kbps.
15.  Email
            Ditemukannya program surat secara elektronik berupa pesan text atau emaildi        awal kemunculannya. Ray Tomlinson menciptakannya pada 1972.
16.  Internet
            Istilah Internet diperkenalkan dalam sebuah karya tulis mengenai TCP/IP    (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Setelah itu, dikembangkan         sebuah protokol jaringan dengan nama sama oleh grup DARPA. Pada 1981, dikembangkan CSNET dengan kapasitas 56 kbps untuk setiap institusi dalam             pemerintahan. Pada 1986, IERF mengembangkan sebuah server yang         berfungsi sebagai alat untuk melakukan koordinasi antara DARPA,           ARPANET, DDN dan internet gateway.

e.       Perbedaandankesamaan SI dan TI

Ada kesamaanantara SI dan TI diantaranyayaitu :
Dilihatdaritujuan SI dan TI mempunyaisatutujuan yang samayaitumengolahsuatu data menjadisuatuinformasi yang dibutuhkanolehpengguna/user. 2. Baik SI dan TI di dukungdenganperalatanelektronikyaituKomputer.

Perbedaan SI dan TI yaitu :
Dari definisinya SI bisadikatanlebihmenujupada proses, atautahapanpengolahan data menjadisuatuinformasi. Sedangkan TI lebihkepadaFaktor/alatpendukungdanbatasan-batasandalampenyajiansuatuinformasidenganmenggunakanalatelektronikberikutperkembangannya.

Karakteristik SI ( SistemInformasi ) :
SuatuSistemInformasimempunyaikarakteristik yang membedakansuatuinformasi yang akan di hasilkandan di dapat. Adapunkarakteristiktersebutsebabagaiberikut :
1.      Accurate : Informasi yang dibutuhkantepatsasarandansesuaidenganapa yang
dibutuhkan
2.      Complete :Informasi yang di butuhkanmempunyaikelengkapanbaikdaripembuatataupunpengguna.
3.      Econominal : Informasi yang dibutuhkanmempunyaikeuntunganbagipenerima
4.      Flexible : Informasi yang dibutuhkanmudah di tukar/disesuaikan
5.      Relevant :Informasi yang dibutuhkanberhubungandenganapa yang ingindiketahui/mempunyaimanfaatbagipenggunanya.
6.      Simple :Informasi yang dibutuhkanmudah di dapat, danmudah di pahami.
7.      Timely : Informasi yang dibutuhkantepatpadawaktunya
8.      Verifiable :Informasi yang dibutuhkandapatdibuktikan/dapat di percaya. Komponen yang membuatsuatuinformasiitubernilai
o   Adanyasuatumasalah yang menjadisuatuhambatandalammeraihsuatuinformasi
o   Selalu Update
o   Tidakadanyakebohongan
o   Kualitasdariisiinformasitersebut















BAB II
Dampak TeknologiInformasidan
SistemInformasiTerhadapMasyarakat

A. Dampak Positif
                  Dampak Positif dari munculnya Teknologi Informasi terhadap masyarakat adalah:
1. Kita dapat menyelesaikan pekerjaan sengan semakin mudah dibantu perangkat yang semakin berkembang dan praktis.
2. Kita mampu berkomunikasi dengan orang lain melalui fasilitas e-mail, chat, bahkan saling bertatapan hanya dengan melalui internet.
3. Munculnya berbagai jenis jejearing sosial dari adanya teknologi informasi.
4. Kita dapat dengan mudah untuk mencari informasi tentang suatu hal melalui internet.
5. Kita juga dimungkinkan untuk berbelanja melaui internet.
6. Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi bahkan internet dapat kita akses di genggaman tangan kita sendiri, yaitu melalui handphone.
7. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
8. Media pertukaran data, para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah. 
9. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
10. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
11. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
B. Dampak negatif
                  Dampak Negatif dari munculnya Teknologi Informasi terhadap masyarakat adalah:
1. Munculnya para penipu yang memanfaatkan internet.
2. Munculnya budaya plagiarisme.
3. Dengan mudahnya informasi di cetak ulang tanpa izin dari pemberi informasi atau tanpa menulis sumbernya. hal ini udah biasa kita sebut 'copast' copy paste.
4. Munculnya pornografi/konten konten dewasa.
5. Munculnya pencurian dengan mengambil/menghack.
6. Mungkin ini merupakan kesenangan atau kelebihan ilmu si pencuri namun tetap saja pencurian itu tidak dibenarkan.
7. Dengan semakin mudahnya berbelanja lewat internet kita dapat meningkatkan budaya konsumsi yang menimbulkan sifat boros dan tentu berefek tidak baik untuk kantong.
8. Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu langsung.
9. Dari perubahan sifat sosial tersebut mengakibatkan pola perubahan pada interaksi.
10. Meluasnya perjudian.
11. Dengan jaringan yang tersedia penjudi tidak perlu ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya.
C.    Perubahan Sosial
Dalam mempelajari perubahan sosial, kita akan menemukan perbincangan mengenai faktor-faktor yang menimbulkan perubahan sosial; agen perubahan sosial (agents of social change) itu; berapa lama perubahan sosial itu terjadi (durasi sebuah perubahan sosial); juga dampak dari perubahan sosial itu.
Saat ini ditengah-tengah masyarakat kita sedang berlangsung perubahan sosial. Sebelum reformasi pun sebenarnya sudah terjadi perubahan sosial, meskipun amat berangsur-angsur. Ada beberapa teori yang menyebutkan tentang sebab-sebab terjadinya perubahan sosial, diantaranya adalah :
1.      Masyarakat berubah karena ideas: pandangan hidup, pandangan dunia, dan nilai-nilai. Menurut penganut pendapat ini, penyebab utama perubahan adalah ideas. Max Weber adalah salah satu penganut pendapat serupa. Dalam The Sociology of Religion dan The Protestant Ethic and the Spirit of Capitalism, Weber banyak menekankan betapa berpengaruhnya ide terhadap suatu masyarakat. Sejumlah peneliti Max Weber juga mengatakan bahwa tesis utama dari Weberianisme adalah pengakuan terhadap peranan besar ideologi sebagai variabel independen bagi perkembangan masyarakat.
2.      Yang mempengaruhi terjadinya perubahan dalam sejarah adalah great inddividuals (tokoh-tokoh besar) yang sering pula disebut heroes (para pahlawan). Salah satu pengikut teori ini adalah Thomas Carlyle (1795 – 1881). Carlyle menulis buku yang berjudul On Heroes, Hero-Worship, and the Heroic in History (Para Pahlawan, Pemujaan-Pahlawan, dan Kepahlawanan dalam sejarah). Carlyle pernah mengatakan ”Sejarah dunia …. adalah biografi orang-orang besar …”. Oleh sebab itu, menurut pemikir-pemikir semacam Carlyle, perubahan sosial terjadi karena munculnya seorang tokoh atau pahlawan yang dapat menarik simpati para pengikutnya yang setia. Kemudian bersama-sama dengan para simpatisan mengubah masyarakat. Inilah yang oleh para sosiolog dinamakan dengan great individuals as historical force.
3.      Perubahan sosial bisa terjadi karena munculnya sosial movement (gerakan sosial Lembaga Swadaya Masyarakat/ LSM, walaupun kecil termasuk gerakan sosial. Berbagai LSM di luar negeri telah terbukti dapat menimbulkan perubahan sosial. Yayasan juga dapat berfungsi sebagai organisasi gerakan sosial.
Teknologi Informasi telah menjadikan ide-ide yang dimunculkan oleh orang-orang dapat diakses tidak hanya dibatasi oleh waktu dan tempat. Begitu juga dengan tokoh-tokoh publik yang dijadikan top figur di suatu negara, dengan hadirnya akses informasi yang tidak terbatas dapat mempengaruhi masyarakat di luar negaranya yang mungkin berbeda nilai-nilai budaya atau bahkan agama yang dianut.
Hadirnya teknologi informasi ini juga dapat dengan cepat merubah ide, nilai-nilai dan perilaku individu dan sosial yang telah dapat mengakses informasi tanpa batas ini.
Perubahan Teknologi dalam masyarakat ini akan mempengaruhi berbagai perubahan sosial sesuai dengan kondisi masyarakat. Irama perubahan maupun cara perubahannya beraneka ragam.


Tag : Makalah
0 Komentar untuk "Sosial Masyarakat SI dan TI"
Back To Top